Gus Halim Temui Bupati Jember, Bahas Ekspor Pisang Cavendish Hingga Peningkatan SDM Pejuang Desa

JEMBER, Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto, ST. IPU. menerima kunjungan Menteri Desa PDTT Dr. H. Abdul Halim Iskandar, M.Pd. di Pendopo Wahyawibawagraha, Kamis (31/03/2022).

Dalam kunjungan tersebut, Gus Halim berdiskusi dengan Bupati Jember mengenai berbagai potensi desa yang dapat dikembangkan Pemkab Jember.

Di antaranya potensi ekspor pisang cavendish yang masih sangat besar.

“Beberapa kami diskusikan dengan pak Bupati Jember, kami sodorkan mengenai potensi ekspor pisang cavendish, kemarin saya bersama bapak Wapres panen pisang Cavendish di Ponorogo dan peluang ekspornya masih sangat besar untuk kesejahteraan masyarakat desa,” ujar Mendes Gus Halim.

Gus Halim juga meminta Bupati Jember untuk melaksanakan program percepatan peningkatan SDM pejuang desa seperti RT, RW, Kepala Desa, Sekdes, pendamping desa, siapapun yang telah berjuang untuk desa supaya difasilitasi RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau) dan diberi beasiswa.

RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau) adalah pengakuan atas Capaian Pembelajaran seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal atau nonformal atau informal, dan/atau pengalaman kerja ke dalam pendidikan formal.

“Jadi cukup 4 semester lulus S1, jadi pengabdian mereka dikonversi menjadi SKS bisa sampai 70SKS, sehingga untuk mencapai 140SKS tinggal nambah dikit lagi, dan diberi beasiswa, untuk perguruan tingginya nanti yang mengurusi Kemendes, ini sudah dilakukan di Bojonegoro,” sambungnya.

Bupati Jember Hendy Siswanto mendukung usulan program dari Gus Halim. Menurutnya maju tidaknya Jember itu diawali dari desanya.

Dia mengaku memang Pemkab Jember selama ini mengarahkan pada peningkatan kapasitas SDM Desa, kemudian dengan adanya program dari Mendes merupakan kabar baik bagi desa-desa di Jember.

“Kita sangat setuju dengan peningkatan SDM desa maka desa kita akan maju lagi dan program pertanian pisang cavendish bisa segera kita eksekusi,” pungkasnya. (ipf)

JemberPedia
Sumber Artikel : https://www.jemberkab.go.id/