Evolusi Toyota Tua, Harganya Menggila Bisa di atas Rp 300 Jutaan

Toyota
Tangkapan layar evolusi Toyota Land cruiser dari masa ke masa dari YouTube Auto Populer

JEMBER – Dari masa ke masa, Toyota sejak masa kelahirannya tetap menjadi pilihan. Contohnya Toyota Land Cruiser. Mobil ini punya image sebagai kendaraan yang utilitarian.

Mobil satu ini ternyata sudah punya sejarah panjang. Bahkan evolusi Toyota Land Cruiser dari masa ke masa tergambar rapi.

Bacaan Lainnya

Bermula sejak perang Korea di dekade 50-an, Jepang yang saat itu masih berada dalam masa Resesi setelah kekalahan besar di Perang Dunia Kedua diminta untuk menyediakan suplai kendaraan militer bagi Amerika. Toyota, sebagai pabrikan otomotif terbesar menyanggupi pesanan kendaraan serbaguna tersebut.

Tak lama berselang lahirlah BJ prototipe yang menjadi cikal bakal Land Cruiser yang dikenal saat ini. Muncul awal mengandalkan mesin 3400 cc prototype yang sempat dinamai Toyota Jeep BJ iini laku tidak hanya di kalangan militer Amerika Serikat. Namun juga digunakan oleh kepolisian nasional jepang.

Desainnya jelas terinspirasi dari jeep willys dan land rover seri satu yang kegunaan utamanya juga untuk militer. Bahkan nama lain land cruiser dianggap sebagian orang menjadi jawaban toyota atas land rover.

generasi berikutnya merupakan penyempurnaan dari prototype sebelumnya. kini tersedia pilihan body lain selain dua pintu soft top untuk menarik minat masyarakat sipil mesinnya juga kini tersedia pilihan 3900 cc yang lebih bertenaga dan dipasangkan dengan transmisi manual 3 percepatan.

Untuk urusan bentuk, toyota kini telah lepas dari bayang-bayang jeep dengan meninggalkan grill berbilah vertikal. Walau masih terlihat sangat tradisional bisa dibilang seri 40 ini merupakan tonggak kesuksesan toyota dalam membangun land cruiser. Dari seluruh generasi seri 40 adalah model yang paling lama dijual.

Gebrakan revolusioner juga dilakukan dengan menghadirkan pilihan mesin diesel mendampingi mesin-mesin yang juga bertambah banyak. Pilihan jenis body juga tersedia dalam banyak jenis yang terbagi lagi dengan pilihan atap soft top dan hard top.

Karena di tanah air populasi series 40 bertap hardtop jauh lebih banyak. jadilah masyarakat tanah air familiar dengan panggilan hardtop ada mobil ini.

interiornya tergolong sederhana dengan beberapa tugas yang dioperasikan dengan model tarik di bagian tanya dashboard serta sebuah instrumen cluster yang menyediakan informasi kecepatan dan sisa bahan bakar. selain itu pula beberapa tayangan sinetron yang mengasosiasi kan mobil ini sebagai penjahat makin membuat hardtop semakin populer.

Sampai sekarang harga jualnya benar-benar tidak masuk di akal untuk mobil tahun 80-an. beberapa bahkan menyentuh angka Rp 300 juta. (***)